Search This Blog

Thursday, May 17, 2012

Pengguna Twitter Tidak Menilai Negatif Sukhoi

TEMPO.CO, Jakarta - Kalangan kelas menengah pengguna Twitter rupanya tak gampang "main" tunjuk kambing hitam dalam soal kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Pesan-pesan Twitter terbilang hati-hati, cenderung netral. Hanya segelintir orang yang terang-terangan menyalahkan Sukhoi atau pilotnya sebagai penyebab kecelakaan. 
Hal itu terangkum dalam riset yang dilakukan Tempo.co dengan Politicawave.com yang memantau percakapan Twitter mulai 9 Mei 2012, sejak kecelakaan pesawat Sukhoi itu terjadi,  sampai 14 Mei 2012.  Data yang dihimpun Tempo.co dengan Politicawave.commenunjukkan, sebanyak 77,64 persen pesan Twitter cenderung memiliki sentimen yang netral. Hanya, 15,42 persen percakapan yang memiliki sentimen negatif dan 6,94 persen percakapan bersentimen positif.
Grafik percakapan Twitter tentang SukhoiSentimen pesan Twitter tentang kecelakaan Sukhoi

Gambar 1. Sentimen Percakapan di Twitter tentang Sukhoi dan kecelakaannyaBerikut ini sejumlah petikan percakapan di Twitter:
@MayaSujatmiko Pagi, doaku untuk para korban pesawat Sukhoi, semoga cepat ditemukan dan keluarga diberikan kekuatan.
@Claudia_YS Pray for Every person in Sukhoi SSJ~100, God Bless Indonesia.
@RusdhaNdah Minta Doa nya ya Kawan2 for my bestiest@nurilma pramugari pswat sukhoi yg jatuh.
@hapsarinimas Ya Allah, semoga segera ditemukan "@antaranews: Sukhoi yang hilang sedang tur ke Asia bit.ly/LbjPvT
Ucapan duka lewat Twitter kebanyakan disampaikan oleh para pengguna Twitter dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan disusul kota-kota lainnya.
Indeks percakapan Twitter di berbagai kota 
Gambar 2. Jumlah percakapan (buzz) tentang Sukhoi di Twitter dari berbagai kota.
Selain berduka, para pengguna Twitter juga cenderung kritis dan tak mudah menelan mentah-mentah kabar yang beredar di Twitter. Contohnya, soal foto jenazah penumpang Sukhoi. Mereka mengkritik yang mengunggah foto maupun komentar dari Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Demokrat, Roy Suryo. Waktu itu Roy berkata, "Baiknya semua foto yang ada tidak diedarkan." Roy meminta masyarakat tidak mengedarkan foto-foto tersebut untuk menjaga perasaan keluarga korban.
@adiuntoro Kemampuannya palsu "@tempodotco: Roy Suryo Klaim Sebagian Foto Korban Sukhoi Palsu.
@rinaldobermana gw lebih percaya ama roy martin @tempodotco Roy Suryo Klaim Sebagian Foto Korban Sukhoi Palsu.
@meanymoo trus apalagi nih abis ini? kecelakaannya rekayasa? RT @tempodotco: Roy Suryo Klaim Sebagian Foto Korban Sukhoi Palsu.
Pesan-pesan Twitter tentang kecelakaan Sukhoi itu paling tinggi jumlahnya terjadi pada Jumat, 11 Mei 2012. Itu setelah media-media mainstream gencar memberitakan evakuasi jenazah korban Sukhoi.
Indeks Percakapan tentang Sukhoi
Gambar 3. Jumlah pesan di Twitter tentang kecelakaan Sukhoi Superjet 100.
Indeks Percakapan tentang SukhoiIndeks Percakapan tentang Sukhoi

No comments:

Post a Comment