Search This Blog

Thursday, May 17, 2012

Kopassus Serahkan Benda Mirip Parasut ke Basarnas

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Kopassus menyerahkan barang bukti berupa benda mirip parasut yang biasa digunakan untuk terjun payung di lokasi jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet 100.

Benda tersebut ditemukan Minggu (13/5/2012) oleh anggota Kopassus dan baru diserahkan malam ini, Kamis (17/5/2012) dari Kopassus kepada Danrem 061 Surya Kencana Kolonel Infantri Anton Mukti Putranto selaku pengendali operasi Tim SAR Gabungan.

Terlihat dari benda yang ditemukan 100 meter dari badan pesawat tersebut berwarna orange dan putih dengan bekas terbakar. Selain itu benda tersebut ada tali-tali, kanopi, parasut, dan harnest.

"Karena saya pun pernah jadi penerjun, benda ini mirip payung terjun," kata Putranto di Pos Pusat Evakuasi Balai Embrio Ternak Kementerian Pertanian, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Menurutnya benda tersebut setidaknya akan memberikan titik terang, kenapa kecelakaan kapal sukhoi tersebut bisa terjadi. "Barang ini sangat berharga untuk dijadikan petunjuk," ujarnya.

Namun, ia tidak mengetahui bagaimana parasut tersebut berada diantara puing-puing pesawat dan siapa yang menggunakannya juga tidak mau berandai-andai.

Tetapi pastinya bahwa parasut seharusnya tidak ada dalam pesawat komersil kecuali sedang dilakukan ujicoba terhadap pesawat. "Dalam pesawat komersil itu tidak ada (parasut)," ujarnya.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa pilot pesawat naas tersebut berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan parasut sesaat sebelum pesawat menabrak Tebing Manik.

No comments:

Post a Comment