Search This Blog

Friday, January 18, 2013


MEMBANGUN ACEH MELALUI " LOMBA KARYA TULIS MAHASISWA SE-ACEH "

Sebagai warga negara Indonesia, kita mengetahui besarnya SDA yang terkandung di negeri ini dan apabila dikelola secara optimal tentu akan dapat memberikan kontribusi besar demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Dalam UUD 1945 juga dijelaskan bahwa pemanfaatan SDA adalah sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat. Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, menyebabkan permintaan kebutuhan hidup seperti: sandang, pangan dan perumahan semakin meningkat pula. Akibatnya eksploitasi SDA tidak mungkin dihindari. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan antara pemanfaatan SDA dan ketersediaannya, maka diperlukan pengelolaan yang baik dan terencana sehingga keduanya dapat saling menunjang demi tercapainya pembangunan yang merata (Putra, 2012).
20130107 150206 
Berbicara tentang sumber daya yang terdapat di Aceh, tidak dapat dipungkiri bahwa Aceh yang kerap juga disebut “daerah modal” kaya akan SDA. Badan Investasi dan Promosi Aceh mencatat bahwa Aceh memiliki SDA yang sangat komplit, di antaranya adalah sumber daya pertanian, perikanan, kehutanan, perkebunan, peternakan dan pertambangan. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh juga melaporkan bahwa komoditi ekspor terbesar adalah bersumber dari sektor pertambangan dengan volume mencapai 2.3 juta ton atau senilai USD 1.3 miliar (ekspor menurut komoditi, 2010). Hal ini menunjukkan bahwa potensi SDA dari sektor ini sangatlah besar. Namun perlu diingat, bahwa pertambangan termasuk ke dalam SDA yang tidak dapat diperbarui sehingga apabila terus menerus dieksploitasi maka jumlahnya akan semakin berkurang. Sebagai contoh, PT Arun NGL yang beroperasi sejak 1974, saat ini cadangan gas alamnya telah menipis dan diperkirakan akan berhenti berproduksi pada tahun 2014 (The Jakarta Post, 11/8/2010).
Pemenang Lomba Menulis (Artikel) Se-Aceh
Ketika SDA Aceh sudah tidak dapat menunjang pertumbuhan masyarakat Aceh maka dierlukan langkah yang cepat dan tepat guna menangani hal tersebut salah satunya dengan peningkatan kualitas SDM Aceh. SDM Aceh yang perlu saat ini digerakkan di Aceh adalah diantaranya sektor Teknologi, Pertanian, dan Ekonomi. Sehingga dapat mendukung bagi kemajuan masyarakat Aceh. Mahasiswa sebagai Agent pembaharuan melalui sumbangsih pemikiran yang dituangkan dalam karya tulis diharapkan dapat menawarkan solusi-solusi yang dapat mendorong roda kemajuan Aceh. Oleh sebab itu, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Malikussaleh turut serta berperan aktif dalam kemajuan masyarakat Aceh melalui kegiatan yang dilakukan berupa Lomba Karya Tulis (Artikel) Tingkat Mahasiswa Se-Aceh.
Referensi
Putra, Agus A.S., 2012. Potensi SDA-SDM Aceh, Opini. President of International Student Association, National Taiwan Ocean University (NTOU).
The Jakarta Post dikutip 11/8/2012.

No comments:

Post a Comment